Saturday, June 24, 2006

tentang pirut dan yumex di FC5

Untuk manajemen package RPM di FC5, pada kenyataannya di awal-awal saya kebingungan, karena ternyata dengan program pirut atau yumex mengandalkan informasi repository dari yum (lihat /etc/yum.repos.d). Sehingga ketika saya tidak terkoneksi dengan Internet, kedua aplikasi tersebut "ngambek" atau tidak mau melakukan proses selanjutnya.
Akhirnya saya mencoba cara lain demikian:
  1. rename direktori /etc/yum.repos.d. Misalnya demikian:
    mv /etc/yum.repos.d /etc/yum.repos.d.FC5
  2. lalu buka file /etc/yum.conf dengan program editor, dan tambahkan baris-baris berikut di baris paling bawah :
    [fc5-extras-dvd]
    name=Fedora Core $releasever - $basearch
    baseurl=file:///media/cdrecorder/IL-062006/extras/fedoracore-5/
    enabled=1
    gpgcheck=0

    [fc5-update-dvd]
    name=Fedora Core $releasever - $baseearch
    baseurl=file:///media/cdrecorder/IL-062006/update/fedoracore-5/
    enabled=1
    gpgcheck=0

    kedua direktori extras dan updates menunjuk ke DVD yang berisi repos dan rpm daripaket-paket fedora core 5 extras dan update (DVD saya dapatkan dari salah satu majalan Linux di Indonesia).
  3. Lalu jalankan program pirut atau yumex.

Jika diinginkan untuk update dari Internet, beri tanda # di depan baris-baris informasi repo di file /etc/yum.conf tadi, dan ganti kembali nama direktori /etc/yum.repos.d.FC5 menjadi aslinya, yaitu /etc/yum.repos.d.
Jika Anda terhubung ke Internet harus melalui proxy, pada /etc/yum.conf, tambahkan baris parameter berikut :

proxy=http://IPADDRESS_PROXY:PROXY_PORT

Kemudian, jika Anda tidak dapat melakukan koneksi ke Internet setiap saat, lebih baik untuk manajemen paket RPM di FC5 ini, gunakan alternatif package manager lain. Untuk aplikasi ini saya suka dengan Smart Package Manager yang disediakan oleh Labix.

Demikian hasil percobaan saya hari ini.

3 comments:

Oom Yahya said...

hehe, kok mirip sama postingan saya ya: http://y4hy4.blogspot.com/2006/06/masalah-add-remove-sofware-di-fc5.html

Budi Susanto said...

Halo mas Yahya,

semoga masih ingat saya ya...ketemunya waktu ada workshop linux di UKDW beberapa tahun lalu sama PCPlus dan willy juga...
Eh mirip ya? Saya baru tahu blognya mas yahya sekarang ini je :D Tapi bener koq mas, saya ndak mencontoh punyanya sampeyan lho ... jadiin saya sebagai teman donk..sama-sama orang jogja.

Oom Yahya said...

Jelas ingat dong. Saya juga ingat kita pernah 1 pesawat ke Jkt. :D
Mirip juga gpp, wong tujuannya sama-sama share knowledge :D