Tuesday, May 23, 2006

Workshop UML

Tanggal 14-15 Mei yang lalu, saya berkesempatan untuk mengisi acara workshop "Visual Modelling with UML" yang diadakan di UPN Yogyakarta.
Materi yang saya sampaikan kurang lebih seputar pemahaman tentang UML, sintak dan semantiknya, pemakaian diagram-diagram UML, dan pemakaian program Rational Rose 2002.
Secara prinsip berjalan baik, hanya saja tidak banyak yang tertarik dengan materi UML ini. Inilah sebetulnya yang ingin saya utarakan tentang pemahaman UML bagi kita semua:

1. UML merupakan standard untuk bahasa pemodelan, secara khusus pemodelan sistem. Oleh karena ini bahasa pemodelan, maka semua kita bisa mempelajarinya, seperti pengetahuan yang lain. Jika semua bisa mempelajarinya, maka tiap orang dapat menggunakan UML untuk pemodelan sistem apa saja yang mereka kuasai.

2. Di lingkungan sekolahan kita di sini, saya rasakan penekanan untuk penguasaan pemodelan ini masih kurang. Apalagi tentang dokumentasi sistem. Jadi mungkin, saya mengusulkan untuk pembelajaran tentang bahasa pemodelan ini harus terus di tekankan. Setahu saya, orang dokumenter bisa menjadi suatu profesi tersendiri, yang mungkin saat ini masih banyak yang dilakukan dengan sistem kontrak.

3. UML merupakan bahasa pemodelan yang universal.

Demikian tulisan saya hari in.

5 comments:

Anonymous said...

Bisa minta modul presentasinya Pak? Kalau bisa dipublish di blog ini agar bisa di donlot. Saya ingin belajar...
Terimakasih.

Information Technology Blog said...

wew..iy mas minta modulnya dunk..buat belajar..krim ke email sya ya mas..thanks y mas..:D

jalin said...

ST3 Telkom
and follow my social media instagram please :
Jalin Atma

jalin said...

ST3 Telkom
and follow my social media instagram please :
Jalin Atma

trioadhitya said...

Visit back to st3telkom.ac.id